Produktif dan Tetap Meng-ASI-hi bersama Dr. Brown’s Bottle Warmer

Hi Moms cantik!
Berbeda dari kebiasaan aku ngereview skincare, sekarang aku mau ceritain peralatan yang jadi salah satu “penyelamat hidupku”. Penyelamat untuk bisa bikin bayi tenang dan emak pun bisa bikin konten dengan nyaman. Hehehe..

Temen-temen pasti udah tahu dong brand Dr. Brown’s untuk perlengkapan bayi dan balita? Dr. Brown’s ini adalah produk dari Amerika Serikat. Brand ini berusaha selalu menciptakan produk bayi yang inovatif untuk mendukung kesehatan dan pemberian gizi yang optimal. Inilah alasan kenapa untuk semua keperluan menyusui bayi, brand pertama yang selalu ku cari ya si Dr. Brown’s ini.

Logo Dr. Brown’s

Merk Dr. Brown’s ini terkenal dengan teknologi botol susu nya yang memiliki fitur internal vent sistem yang berfungsi untuk mengurangi kolik, muntah, sendawa, dan kembung dengan mengeliminasi tekanan dan gelembung udara, serta membantu mempertahankan vitamin C, A, & E dengan meminimalkan proses oksidasi dari ASI dan susu formula, dan memberikan aliran konstan yang alami menyerupai dengan menyusui langsung.

Kalau ada teman-teman yang baru mempersiapkan hadirnya bayi, lalu bertanya-tanya, memangnya penting memakai aneka teknologi untuk minum susu pada bayi? Bukan penting lagi Bun. Wajib diperhatikan. Bayi kan hanya bergantung pada ASI / susu di masa-masa awal kehidupan nya. Jadi pasti sebagai orang tua, kita ingin memberi gizi yang optimal pada anak kita kan. Ditambah lagi sistem pencernaan bayi yang belum berfungsi optimal menyebabkan seringnya angin masuk ke dalam lambungnya, sehingga sering dijumpai bayi yang menangis kencang tanpa alasan atau dikenal dengan istilah “kolik”. Kalau sampai bayi menangis terus, pastinya mengganggu stabilitas emosi dan psikis ibu juga anggota keluarga lain. Itulah kenapa dilakukan berbagai macam upaya untuk membantu bayi supaya bisa menyusu dengan nyaman.

Dari tadi aku cuma menyebutkan botol susu ya, padahal banyak perlengkapan lain yang juga penting untuk proses menyusu bayi ini selain botol susu. Aku mau ceritain sebuah perlengkapan menyusui ku yang juga penting dan selalu kuandalkan nih. Dr. Brown’s Insta-Feed Bottle Warmer & Sterilizer .

Ini apa sih Ul? Sesuai namanya, ini adalah alat untuk memanaskan ASIP dan juga ada tambahan fungsi lain, yaitu sebagai alat yang bisa mengsteril perlengkapan bayi dengan ukuran kecil seperti dot dan empeng.

Dr. Brown’s Insta-Feed Bottle Warmer & Sterilizer

Dulu sebelum pakai warmer dari Dr. Brown’s ini, aku suka kesulitan kalau ada keperluan dan anakku harus minum pakai botol dulu (tidak menyusu langsung). Karena waktu yang dibutuhkan untuk defrost ASI itu lama, seringkali menyebabkan panik karena bayi yang duluan marah karena haus. Butuh waktu semalaman untuk ditaruh di chiller dulu, baru kemudian dikeluarkan dari kulkas. Setelah ASIP yang tadinya beku sudah mencair, kita harus masak air panas, masukkan botolnya ke wadah isi air panas dulu, lalu menunggu hingga suhu ASIP sesuai seperti suhu ruangan. Seringkali selagi menunggu ASI suhunya sesuai, si bayi sudah nangis kencang. Yang terjadi selanjutnya pasti sudah tahu kan, panik.🙈
Sama juga kasusnya waktu anak pertama ku mulai makan dulu, seringkali aku menyajikan makanan dingin karena ribet untuk memanaskan porsi MPASI bayi yang masih sedikit.

Nah, dengan Dr. Brown’s bottle warmer ini, perkara menghangatkan ASI dan MPASI bisa diselesaikan dalam waktu yang cepat dan praktis Bun. Untuk steril dot dan empeng cuma butuh waktu 10 menit. Untuk menghangatkan botol / wadah makanan bayi, waktunya bervariasi sesuai jenis botol / wadah dan keadaan suhu sebelum dipanaskan. Apakah dari freezer? Atau sebelumnya sudah tidak beku. Waktu untuk aku menghangatkan ASI yang dari kulkas (bukan freezer) cukup 80 detik . Bottle warmer ini datang lengkap dengan panduan cara pakai, cara perawatan , termasuk tabel banyaknya air yang dibutuhkan untuk alat ini bekerja sesuai dengan kondisi botol / wadah yang akan dipanaskan.

Panduan memanaskan dengan Dr. Brown’s Insta-Feed Warmer

Dr. Brown’s Insta-Feed Bottle Warmer ini punya ukuran yang cukup mungil sehingga tidak makan tempat, apalagi kalau rumah kita tipe minimalis. Namun begitu, warmer ini multifungsi. Bisa untuk menghangatkan botol susu yang besar maupun yang kecil, menghangatkan mangkok untuk MPASI, mensterilkan perintilan menyusui seperti nipple dot, empeng , maupun bagian-bagian kecil perangkat pompa ASI lainnya. Dr. Brown’s Insta-Feed Bottle Warmer Sterilizer dikemas dengan seperangkat perlengkapan untuk fungsinya yang banyak.

Isi kemasan Dr. Brown’s Insta-Feed Warmer Sterilizer

Untuk menghangatkan botol susu dengan ukuran besar maupun mangkok bayi, kita bisa langsung memasukkan botol atau mangkok bayi ke dalam warmer seperti gambar di bawah ini.

Menghangatkan botol besar

Untuk menghangatkan botol yang lebih kecil, disediakan adapter ring. Tujuannya supaya botol tidak mudah tergeser yang menyebabkan mudah tumpah.

Menghangatkan botol kecil dengan adapter ring

Jika ingin digunakan sebagai sterilizer, ada wadah seperti mangkok, sehingga peralatan kecil yang ingin disteril masuk di dalam wadah itu, lalu disediakan juga penutup supaya proses steril berjalan maksimal.

Digunakan sebagai sterilizer

Jangan lupa untuk selalu menggunakan air filtrasi ataupun air mineral yang murni (yang gampang kalau aku pakai air minum) untuk mengisi ulang air yang digunakan pada warmer ini. Memang kenapa harus pakai air? Karena Dr. Brown’s Insta-Feed Warmer Sterilizer bekerja dengan cara menggunakan air yang dipanaskan. Jumlah air yang dibutuhkan untuk memanaskan sendiri tidak banyak kok, berkisar antara 2 mL hingga sekitar 60ml. Panduan lengkapnya bisa dilihat pada foto yang sudah aku sertakan di bagian atas.

Kalau sudah belanja perlengkapan bayi, biasanya sekalian kan ya Bun, ngeborong istilahnya 😆. Aku selain nyobain Bottle Warmer Sterilizer nya Dr. Brown’s, juga nyobain botol Wide Neck Options Glass. Sebelumnya aku sudah punya botol Dr.Brown’s yang bahannya plastik. Botol gelas ini terbuat dari kaca borosilikat tebal yang tahan panas. Pastinya dilengkapi juga dengan internal vent system khas Dr. Brown’s serta sikat pembersih untuk membersihkan internal vent system nya. Memang kalau dibandingkan dengan yang botol plastik bobotnya lebih berat, kelebihannya adalah ia dapat menjaga nutrisi dengan lebih baik.

Wide Neck Options Glass

Aku juga mencoba menggunakan alat pompa ASI manual nya Dr. Brown’s. Silicone One-Piece Breast Pump . Pompa ASI manual ini hadir dengan bonus botol susu plastik ukuran 120ml. Aku yang baru pertama kali mencoba pompa ASI model ini, awalnya ragu, apakah benar bisa memompa asi dengan baik. Ternyata memang benar bisa loh. Aku memeras pada payudara ku yang sudah penuh (kondisi keras) dalam waktu 10 menit, tanpa tanganku harus memompa, air susu bisa keluar sendiri hingga 60ml. Tentunya tidak memompa sama sekali. Di awal, pompa silikon ini harus dilekatkan dengan cara menekan pompa bagian bawahnya. Setelah terasa ada tarikan pada bagian aerola, aku memencet bagian bawah pompa beberapa kali untuk memancing air susu untuk keluar. Setelah itu aku biarkan air susu mengalir sendiri.

Pada kesempatan lain, aku mencoba memompa ASI saat payudara ku tidak dalam kondisi penuh. Ternyata performa nya tidak sebaik saat payudara kondisi full. Kesimpulan ku, pompa silikon manual ini cocok digunakan sebagai pendamping saat sedang memompa asi dengan alat pompa lainnya , maupun saat bayi sedang menyusu langsung. Jadi payudara yang tidak sedang dipompa tetap dapat tertampung ASInya yang keluar karena LDR (Let Down Reflect).

Kalau ada Moms yang penasaran, apakah internal vent system ini mengurangi laju susu yang keluar dari botol? Kalau dari pengalamanku, memang susu tetap bisa keluar otomatis saat botol dibalikkan, walaupun tidak se cepat jika internal vent system nya dilepas. Jadi fungsi internal vent system yang utama bukan mencegah susu keluar dari dot, tetapi mengatur sirkulasi udara dan mengurangi udara yang tersedot oleh bayi saat menyusu dari botol. Hal ini untuk mengurangi bahkan menghindari terjadinya kolik pada bayi. Satu hal yang perlu ditingkatkan sama Dr.Brown’s adalah dot susu nya yang terasa keras. Kedua anakku kesulitan saat awal menggunakan botol susu, karena dot nya yang agak keras. Walaupun pada akhirnya mereka bisa mahir dan nyaman saat menggunakan nya. Ada memang anak yang bisa langsung cocok dengan jenis dot nya. Namun karena anak berbeda-beda, alangkah baiknya jika Dr. Brown’s juga membuat dot option yang lembut.

Aku puas, senang dan merasa aman memakai peralatan menyusui dari Dr. Brown’s. Semuanya sudah melalui proses penelitian dan direkomendasikan oleh dokter anak. Untuk membeli produk-produk Dr.Brown’s bisa melalui e-commerce Tokopedia, Shopee, dan lainnya. Memang sih harganya lebih tinggi daripada merk botol susu lain, namun mengingat manfaat dan kelebihannya, produk-produk Dr. Brown’s menjadi investasi bagi kesehatan anak-anakku.

Udahan ceritanya ya, aku mau meng-ASI-hi lagi. Semoga bisa bermanfaat untuk bun n moms yang lagi cari info tentang Dr. Brown’s Insta-Feed Bottle Warmer & Sterilizer dan botol-botol nya. See you!

17 thoughts on “Produktif dan Tetap Meng-ASI-hi bersama Dr. Brown’s Bottle Warmer

  1. Bagus banget ya Mbak ada bottle warmer Dr. Brown ini, hmm bisa direkom ke ponakan saya nih yg sedang masa menyusui, pasti dia seneng banget, emang lg nyari katanya kemaren. Thanks yaa

    Like

Leave your tread here please :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.