Banyak Jerawat di Punggung, Kudu Gimana? Kenalan yuk sama Erha Acneact!

Jerawat di punggung. Siapa yang udah ga asing sama yang satu ini? Kayaknya hampir semua orang pernah ngalamin masalah sama si jerawat di punggung atau yang sekarang nama bekennya “Bacne” (back acne). Sama seperti jerawat di wajah, penyebab bacne ini juga bermacam-macam. Mulai dari kebersihan yang kurang terjaga, hormonal, hingga pola makan dan pola tidur yang tidak baik, juga masih banyak variasi penyebab lain seperti pengaruh lingkungan.

Jerawat di punggung bikin gatal

Apapun penyebabnya, bacne ini bikin kita ga nyaman kan. Ditambah kalau cewek mau pakai dress , kebaya, ataupun baju yang terlihat bagian punggung jadi ga percaya diri. Tapi, masalahnya jerawat di punggung ini lebih tricky cara menangani nya. Aku yang sudah 4 tahun terakhir merawat kulit wajah, alhamdulillah ga perlu sampai ke dokter kulit. Tapi untuk kulit badan, sampai beberapa kali aku bolak balik ke dokter karena saat masalah kulitku datang, produk perawatan badan yang kupakai selalu ga bisa mengatasi permasalahan kulitku.

Masalahnya untuk di punggung itu untuk yang udah-udah ya, sabun yang aku pilih udah gentle, tapi ga tau kenapa dia tetep bikin kulitku terasa kering dan akhirnya gatal dan muncul bacne. Pernah juga aku udah pakai sabun yang gentle, namun karena cuaca lagi panas banget, akhirnya malah pori-pori punggung tersumbat sama sebum yang menumpuk, berakhir sama juga, gatal dan muncul bacne.

Kalau aku perhatikan, sebenarnya kulit badan itu perawatannya secara prinsip sama juga dengan kulit wajah. Yang harus selalu dijaga kondisinya : Kelembaban kulit. Cuma dalam prakteknya, cuaca yang sering berubah juga menjadikan kondisi kulit yang sensitif menjadi sering rewel. Sabun mandi yang melembabkan aja ga cukup untuk meredakan Bacne.

Brand ERHA yang terkenal bermula dari klinik perawatan kulit di tahun 1999, kini semakin berkembang dan memiliki rangkaian perawatan untuk kulit berjerawat dengan nama lini Acneact . Bukan hanya perawatan wajah, tetapi juga mencakup perawatan untuk badan.

Bagai pucuk dicinta ulam pun tiba, aku yang penasaran mencari-cari sabun mandi yang bisa aman dan meredakan bacne ku, akhirnya menemukan si ERHA Acneact ini. Sebenarnya aku sudah cukup lama tau tentang brand ERHA, tetapi aku baru tahu kalau ternyata ERHA kini juga memproduksi perawatan untuk badan.

Ada dua produk ERHA Acneact yang aku coba : ACNE BODY WASH dan ACNE BACK SPRAY.

Rangkaian Erha Acneact untuk bacne

Acne Body Wash dan Acne Back Spray ini bisa dipakai untuk orang-orang yang bermasalah sama jerawat di badan, terutama punggung. Gimana dengan yang ga ada jerawat di badan? Di kemasan sabunnya sendiri ada peringatan kalau sabun ini mengandung acid (BHA dan AHA) sehingga membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari. Jadi sebaiknya gunakan sunscreen di siang hari.

Menurutku, untuk kalian yang memang tidak memiliki masalah kulit badan berjerawat sebaiknya memakai sabun dan back spray ini di saat kulit badan lagi bermasalah aja.

Acne Back Spray sendiri tidak boleh digunakan untuk anak-anak berumur kurang dari 3 tahun.

Apakah Bumil / Busui Friendly? Ibu Hamil punya keterbatasan memakai produk yang mengandung acid dengan konsentrasi tinggi. Aku pribadi menilai kalau bisa saja memakai kedua produk ini saat hamil / menyusui apalagi jika memang kulit lagi bermasalah banget. Tapi kembali lagi ke masing-masing pribadi, kalau kamu ragu-ragu, jangan segan untuk tanyakan ke ERHA atau dokter kamu ya!

Acne Body Wash

Erha Acne Body Wash
Erha Acne Body Wash

Sabun mandi cair ini berbentuk gel dengan formula pH-balance dan busa lembut. Sabun ini diformulasikan untuk membersihkan dan merawat kulit badan yang berjerawat sekaligus menenangkan kulit terinflamasi dan menjaga kelembapan. Gimana caranya?? Karena biasanya sabun untuk kulit berjerawat itu identik sama bau sulfur yang kenceng, atau bikin kulit jadi kering. 

Itulah yang membuat sabun ini unik. Diformulasikan oleh ahli dermatologi dengan perpaduan bahan yang aktif menangani jerawat yaitu BHA dan Greentea, dengan bahan yang mampu menenangkan kulit yaitu Mugwort, D-Panthenol dan Ekstrak Aloe Vera. Sabun wangi yang menyegarkan menjadikan kulit terasa nyaman dan tetap lembut.

Daftar Bahan Ingredients Erha Acne Body Wash
Daftar Bahan Ingredients Erha Acne Body Wash

ACTIVE INGREDIENTS:

BHA (Salicylic Acid)

  • Antibakteri untuk mengatasi jerawat.
  • Exfoliator agent untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran, mengatasi penyumbatan pori-pori.
  • Mencegah terbentuknya jerawat.

Mugwort Extract

  • Menenangkan kulit terinflamasi yang diakibatkan oleh jerawat.
  • Mempertahankan kelembapan kulit.

Lactic Acid (AHA)

  • Mengangkat sel kulit mati sehingga merangsang regenerasi sel kulit baru dan mencegah penyumbatan pori-pori.

D-Panthenol & Aloe Vera Extract

  • Sebagai moisturizing agent yang membantu menghidrasi kulit.
  • Sebagai soothing agent yang membantu menenangkan kulit yang terinflamasi karena jerawat.

Green Tea Extract

  • Sebagai soothing agent meredakan inflamasi yang disebabkan oleh jerawat dan juga sebagai antioksidan.

Kemasan

Sabun ini datang tanpa kardus, tetapi di bungkus rapi dan ketat dengan plastik mika yang cukup tebal. Untuk pengaman, ia memakai semacam klip di leher pump nya. Lumayan aman, apalagi pengirimannya dibungkus lagi dengan bubble wrap yang berlapis. Volume nya 240 ml, cukup banyak untuk dipakai harian.

Tekstur , Bau , Warna

Teksturnya layaknya sabun cair dengan warna bening. Baunya segar, seperti ada wangi rumah sakit. Aku agak bingung gimana menggambarkannya, tapi yang pasti ini bukan wangi floral/fruity/herbal, tapi segar dan mengingatkan pada suasana di lokasi kesehatan.

Cairannya Bening
Busanya cukup banyak

Pemakaian

Saat ini kondisi badanku lagi cukup baik, jadi aku hanya memakainya sesekali disaat kulit punggung ku mulai gatal. Aku memakainya sebanyak 2 pump, dicampur dengan air, cukup untuk menjangkau seluruh tubuhku.

Hasil Pakai

Kulitku saat pakai ini lagi cukup terkendali kondisinya, ada sedikit gatal tapi ga begitu mengganggu. Aku coba pakai sabun mandi ini, dan terkaget-kaget karena sensasi setelah dibilas kulitku tetap lembab dan lembut. Padahal ada kandungan SLES di dalamnya (memang SLES relatif lebih aman dibandingkan SLS, but still..).

Satu kata yang bisa aku bilang : Nyaman. Ga perlu khawatir kulit jadi kering dengan sabun ini.

Pros

  • Warnanya bening (aku suka yg bening2😁)
  • Ga bikin kulit kering
  • After use nya kulit terasa lembab nyaman

Cons

Menggunakan SLES dan keluarga paraben. Aku bukan yg alergi sama SLES dan paraben kok, cuma aku lebih suka kalau ga ada 2 kandungan itu dalam suatu produk.

3.5 / 5

Next kita bahas ACNE BACK SPRAY yaa.

ACNE BACK SPRAY

Acne Back Spray
Erha Acne Back Spray

Spray ini digunakan untuk mengobati jerawat ringan hingga sedang seperti pada punggung, dada, dan lengan atas. Acne Back Spray berfungsi sebagai antibakteri, mengurangi inflamasi, mengurangi sebum serta dapat menenangkan kulit yang berjerawat. Mudah menyerap dan memberikan cooling sensation sehingga nyaman digunakan sehari-hari. Terbukti secara klinis mengurangi tingkat keparahan dan kemerahan pada jerawat punggung.

Ingredients
Daftar bahan ingredients Erha Back Spray
Daftar bahan ingredients Erha Back Spray

ACTIVE INGREDIENTS :

BHA (Salicylic Acid)

  • Antibakteri untuk mencegah dan mengatasi pembentukan jerawat baru.

Allantoin

  • Mengurangi peradangan pada kulit berjerawat.

Zinc Gluconate

  • Mengurangi ekskresi sebum.

Zinc PCA dan Aloe Vera Extract

  • Menjaga kulit tetap lembab.

Menthol dan Menthyl Lactate

  • Memberikan cooling effect sehingga menghilangkan rasa gatal pada daerah kulit yang berjerawat atau sebagai antipruritus.

Witch Hazel Extract

  • Sebagai astringent sehingga membantu mengecilkan pori-pori dan mengatasi inflamasi.
How Was It

Kemasan

Dikemas dalam kotak berbahan karton dengan print dan warna senada dengan botol spray nya. Isi nya 100ml , botolnya cukup handy dan bisa mudah dibawa di dalam tas. Nozzle spray nya memberi bulir spray yang banyak (bukan tipe spray mist halus).

Tekstur, Bau, Warna

Cairan spraynya bening tidak berwarna. Walaupun ada petunjuk untuk mengocok botol sebelum dipakai, setelah dikocok tidak ada perubahan warna ataupun material kasar yang keluar. Ada wangi segar mentol. Aku suka sih dengan wanginya, tidak mengganggu.

Cairan Acne Back Spray setelah diaplikasikan ke kulit
Cairan Acne Back Spray setelah diaplikasikan ke kulit

Pemakaian

Sesuai anjuran di kemasannya, aku memakai Acne Back Spray ini setiap selesai mandi dengan Acne Body Wash. Back Spray ini bisa dipakai hingga 3 kali sehari dalam kondisi kulit bersih sebelum disemprotkan ya. Untuk punggung, aku memakai 3 kali semprotan sekali pakai.

Hasil Pakai

Kulitku yang sedang dalam kondisi baik, merasakan back spray ini nyaman dipakai setelah mandi. Tidak ada efek negatif yang aku rasakan setelah memakai back spray seperti kulit kering atau perih.

Ada cooling sensation setelah memakai back spray ini karena memang ada kandungan menthol di dalam nya. Sensasi dingin nya bertahan cukup lama, sekitar 30 menit lah ya. Aku ga ngitungin sebenarnya, perkiraan aja.

Lembab yang kurasakan setelah mandi dengan ERHA Acne Body Wash pun tetap bertahan walaupun disemprot dengan ERHA Acne Back Spray. Kandungan Ekstrak Aloe Vera dan Allantoin membuat Back Spray ini bersahabat dan nyaman di kulit.

Pros and Cons

Pros

Aku suka dengan sensasi dingin dari Acne Back Spray ini. Menyegarkan apalagi kalau kulit sedang gatal dan bermasalah, sensasi dingin ini bisa bantu meredakan rasa gatalnya.

Cons

Sejauh ini aku tidak punya opini yang kurang kusuka dari Back Spray ini.

Score nilai

5 / 5

Secara keseluruhan, aku puas memakai rangkaian perawatan badan Acne Body Wash dan Acne Back Spray dari ERHA ini. Rasa lembab yang ditinggalkan membuatku jatuh cinta. Seneng deh karena akhirnya ada solusi dari expertnya untuk masalah bacne (jerawat punggung) ku.

Ready to buy?

Seri ERHA Acneact bisa dibeli di Erha Official Store Shopee .

Dengah harga :

Acne Body Wash Rp 139.000,-

Acne Back Spray 100ml Rp 93.500,-

Terimakasih sudah membaca review ERHA Acneact Body Wash dan Back Spray dari AWL ya. Siap-siap say goodbye sama bacne deh! 😉

9 thoughts on “Banyak Jerawat di Punggung, Kudu Gimana? Kenalan yuk sama Erha Acneact!

Leave your tread here please :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.