Memberi Label pada Skincare

img_20181031_051602-011025751979.jpeg

Assalamualaikum 😘

Aku mau cerita tentang inspirasi yang aku dapatkan dari teman di grup WhatsApp yang membahas tentang skincare.

Temanku itu memperlihatkan foto-foto botol koleksi skincare nya di grup. Dari sekian banyak produk, yang aku perhatikan adalah, ada label bertuliskan angka di setiap produk itu. Aku pun bertanya, itu angka apa? Lalu ia menjelaskan bahwa itu adalah tanggal skincare itu dibuka. Tujuan ia menuliskan tanggalnya adalah supaya bisa ingat dan tahu, apakah produk yang ia pakai masih layak atau tidak.

Wow! Kenapa ga pernah kepikiran seperti itu ya sebelumnya?
Sungguh ide yang sangat brilian!

Jadilah aku mulai memberi label tanggal dibuka pada semua produk skincare yang baru aku mulai pakai.

img_20181031_051734-01-1503808114.jpeg

Untuk yang sudah lama terbuka bagaimana?
Aku juga memberi label waktu, hanya aku menulis bulan dan tahun perkiraan membukanya saja karena sudah tidak ingat detail kapan produk tersebut mulai dipakai.

Untuk memberi label, aku memakai Tupperware Label Tape , karena tape ini memungkinkan untuk langsung ditulisi dengan pena di atasnya, sehingga sangat praktis, tidak perlu khawatir mudah lepas juga (karena pengalamanku , memakai label kertas untuk ditempel di permukaan plastik / kaca itu mudah lepas).

img_20181031_051839-011023397398.jpeg

Selain sebagai pengingat pribadi, kebiasaan memberi label tanggal ini juga bisa membantu kita kalau ternyata kita tidak cocok atau ingin menjual kembali produk yang kita pakai loh.

Tau sendiri kan, kalau produk skincare itu rawan sekali karena berhubungan dengan kesehatan kulit wajah. Jadi kita bisa tetap membantu orang lain yang mungkin membutuhkan produk yang sudah kita tidak pakai lagi dengan memberi informasi mengenai kapan produk mulai dipakai secara valid.

Emangnya ada yang mau?
Eits, jangan salah! Aku juga salah satu penikmat skincare dalam kemasan preloved, atau gamblangnya, bekas orang! LOL

Karena itulah aku juga paham bahwa penting banget untuk tahu kapan produk preloved yang mau aku beli ini kadaluarsa, sudah mulai dibuka segel tutupnya dari kapan..

Ngomong-ngomong, kalian tahu kan, apa pentingnya tahu sejak kapan produk skincare itu mulai dipakai?
Untuk kalian yang belum tahu, jadi produk skincare itu biasanya menyertakan angka di label kemasannya. Biasanya letaknya di dekat tulisan ingridients, atau ada juga yang meletakkannya di bawah kemasan produk. Angka itu bervariasi , ada yang 3M , 6M, 12M , dan seterusnya. Arti angka tersebut adalah lama nya produk skincare itu akan bertahan setelah pertama kali dibuka tutupnya. Angka menunjukkan lamanya, huruf “M” berarti “Month” atau “Bulan”.
Jadi kalau tertulis angka 6M , berarti produk itu bisa bertahan dan masih bisa dipakai selama 6 bulan setelah tutup produk itu pertama kali dibuka. Kalau sudah lebih dari masa itu, dan produk masih ada, sebaiknya kita mengganti dengan produk baru dan tidak melanjutkan pemakaian produk yang sudah kadaluarsa tersebut.
Oiya, hal ini juga berlaku pada kosmetik ya.

Sudah tahu kan sekarang?
Yuk mulai kasih label juga, supaya kulit sehat paripurna, dan ga terjebak memakai produk kadaluarsa yang kita ga tahu.

Happy labelling!

 

Mollie (1)

12 thoughts on “Memberi Label pada Skincare

  1. Waahh ratu skincare mulai bagi2 tips hehehe.. Kalau yang pernah aku baca, biasanya makeup tuh yang dilabeli tanggal juga.. Sayang karena aku gak suka produk ada labelnya belom kupraktekkan sampe sekarang.. Tapi nice info lho!!

    Like

Leave your tread here please :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.